OpenGL - Segitiga Piramid

















Membuat segitiga seperti gambar sepintas kelihatannya mudah, seperti waktu membuat rumah, walaupun butuh syntak yang cukup banyak. Tapi kali ini kita hanya butuh sedikit syntak untuk membuat banyak segitiga karena kita menggunakan perulangan.
Prinsipnya, kita membuat sebuah segitiga. Lalu segitiga itu diulang-ulang sebanyak yang kita mau. Yang cukup rumit adalah menentukan titik koordinat segitiganya. 
Oke, kita mulai saja.
Pertama kita membuat segitiganya, dibuat dalam void supaya bisa dipanggil berulang-ulang.




void segitiga(int x, int y){

     glBegin(GL_POLYGON);

         glVertex2i(x-50, y-100);

         glVertex2i(x, y);     

         glVertex2i(x+50, y-100);  

     glEnd();
     }


Kemudian, kita buat perulangannya.




int x = 300;

int y = 450;

int z=50;

int abc=3;

     for(int a=1;a<5;a++){

             for(int i=0;i<a;i++){
                     segitiga(x,y);
                     x+=100;
                   }
             x-=(50*abc);
             y-=100;
             abc+=2;
     }


Sudah jadi, cuma begitu...
Penjelasannya : 
Segitiga dibuat dengan GL_POLYGON, gampang...
Di dalam perulangan ada 4 variabel,
x --> koordinat x
y --> koordinat y
z --> jarak setiap segitiga(disesuaikan dengan ukuran segitiga)
abc --> jumlah segitiga di satu baris, untuk menentukan posisi segitiga pertama di baris selanjutnya

for yang pertama menentukan berapa jumlah barisnya.
for yang kedua akan mengulang segitiga sebanyak a.
"y-=100", menentukan koordinyat 'y' untuk baris di bawahnya. 
lalu "x-=(50*abc);abc+=2"maksudnya di baris sebelumya ada segitiga sebanyak abc jadi posisi segitiga selanjutnya dihitung dari yang ujung kanan adalah  -(50*abc).
                             
Demikian, Semoga Bermanfaat... Source Code


Tidak ada komentar:

Posting Komentar